Minggu, 02 Maret 2014

IMAGE BOARD ' 70

IMAGE BOARD 70'AN



Hello guys, kali ini saya akan mengupas pas pas, mengupas apa? tentunya bukan mengupas bawang ataupun mengupas kentang tapi saya akan mengupas sebagian kecil dari apa yang ada di era 70'an.  Yuk mariii cekidot :))



MUSIC



Okee guys, pertama saya akan membahas tentang musik yang lagi happening pada saat itu. Kebetulan nih pada masa itu musik Rock lagi naik daun. Orang dulu nyebutnya musik cadas. Musik rock ini dipelopori oleh band-band seperti Led Zepplin, Black Sabbath, dan Deep Purple. Heavy Metal pada era tersebut masih dipengaruhi oleh elemen Blues yang kental. Adapun band asal Indonesia yang beraliran Classic  Rock era '70 ini berasal dari kota Semarang, mengangkat kejayaan musik rock era'70 dari para Super Group Dunia yang waktu itu berkiblat pada dua aliran yaitu Deep Purple dan Led Zeppelin. Band tersebut adalah The Black Purple.



POLITIK 


Sip, mariiii lanjut ke Politik. Usut punya usut nih guys pada era 70'an ini musik underground masih diawasi dan dikungkung dalam terali baja oleh penguasa saat itu, yakni presiden Suharto. Bisa kita maklumi keberadaan mereka yang tidak begitu banyak dikenal orang apalagi anak muda kecuali para mahasiswa Universitas Indonesia dan beberapa komunitas musik lainnya.

Situasi politik serta kehidupan sosial budaya pada era 70'an, didorong oleh kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, terutama selama rezim Soeharto yang kadang-kadang dan sering bertindak sebagai 'alat' represi bagi masyarakat. Tahun 70an di Indonesia adalah era ketegangan di sebagian besar di kehidupan sosial dan aspek politik. Ini dimulai pada tahun 1965. yang menjadi titik balik kebangkitan kekuatan militer, terjadi sensor ketat, tidak stabilnya ekonomi, pemerintahan yang korup, dan rendahnya pertumbuhan ekonomi industri. Kondisi ini membawa rakyat dan mahasiswa turun ke jalan untuk demonstrasi


LIFESTYLE


 
 Yay, next saya akan membahas tentang lifestyle di era 70an. Pria di era 70an dengan pria di era sekarang sangat jauh berbeda. Perbedaan tersebut terletak pada gaya hidup yang mereka miliki setiap harinya. Orang di era 70an terkenal sebagai orang yang tangguh dan pekerja keras. Maka dari itu, tidak mengherankan jika kita akan bisa dengan mudah menemukan banyak orang yang berpengaruh di kalangan pria, pada masa itu. Pria ditahun 70an juga lebih suka berpetualang dengan teman – temannya dan suka olahraga, sehingga tidak heran jika pria di tahun 70an dapat memberikan perubahan besar untuk nrgaranya.
Gaya hidup di era 70an juga sangat sederhana dimana masih digunakannya telepon kuno dengan cara memutar nomer, menulis dengan menggunakan tinta yang akan merembes kemana – mana,menyukai music – music rock dan dangdut dan rasa bangga menggunakan baju – baju monyet pada saat kanak – kanak. 


INVENTION




Guys, ternyata video game adalah salah satu penemuan teknologi yang mengubah dunia loh. Video game merupakan permainan elektronik yang sangat menghibur dan bersifat komersial yang diperkenalkan untuk pertama kalinya pada tahun 70an. Spacewar adalah video game yang pertama kali dibuat oleh Steve Russell. Kini perkembangan dan industri video game berkembang begitu pesat dan menjadikan lahan bisnis yang luar biasa.
Selain video game, penemuan kartu kredit adalah penemuan yang mengubah dunia yang muncul disekitar tahun 1970-an. Dan serta merta mengubah gaya hidup lebih dari 90 % masyarakat di negara maju. Tahun 1977 Bank Amerika secara resmi memberi lisensi kartu kredit kepada Visa. Sejak tahun 1995 hingga kini transaksi perbankan di Amerika bahkan dibeberapa dunia dilakukan secara elektronik.



ICON

 Inilah Icon 70an kitaaa, kita? tadaaaa...

          Olivia Newton-John

  
Ketika film Grease keluar pada tahun 1978, karir Olivia Newton-John langsung meroket. Di film ini, dia memerankan seorang anak sekolah, dengan memperlihatkan rok prom tahun 50-an dan pedal pusher (calf-length trousers). Pada cover albumnya If Not For You tahun 1971, Olivia Newton-John bergaya di tengah ladang jagung dengan mengenakan atasan polos yang memberikan kesan less is more. Gaya Olivia ini sangat menunjukkan tren fashion pada dekade itu.

Her signature look: maxi dress dan floral prints



AGAMA
 

Guys, ternyata agama di era 70'an sedang mengalami polemik yang sangat complicated -____-". Di tahun 70an banyak sekali terjadi konflik bernuansa Suku, agama, dan Ras. Perselisihanserta kekeliruan mengenai pengungkapan pendapat yang berkaitan dengan SARA ( Suku, agama, Ras, dan antar golongan).


FASHION
Yupsiii, fashion fashion fashion !! xD
Sekilas tentang fashion di era 70an  







Busana keluaran tahun 70an identik dengan potongan yang pendek dan pemakaian bandana di kepala. Di tahun 70an kemeja dengan rimpel di bagian kerah menjadi favorite. Celana lebar, overall, wedges, dan gaun maxi sempat menjadi trend fashion di tahun 70an. Style hipster atau hippies menjadi trend di era 70an ini.


CULTURAL MOVEMENT
 Finally, the last category :D


Pada era 70an ini ada pergeseran budaya, dimana masyarakat menginginkan kebebasan ( freedom ) dari kekangan dan kekisruhan politik saat itu. Maka hadirlah Hip hop. Hiphop adalah sebuah gerakan kebudayaan yang mulai tumbuh sekitar tahun 1970’an yang dikembangkan oleh masyarakat Afro-Amerika dan Latin-Amerika. Hip Hop merupakan perpaduan yang sangat dinamis antara elemen-elemen yang terdiri dari MCing (lebih dikenal rapping), DJing, Breakdance, dan Graffiti. Belakangan ini elemen Hip Hop juga diwarnai oleh beatboxing, fashion, bahasa slang, dan gaya hidup lainnya.
Awalnya pertumbuhan Hip Hop dimulai dari The Bronx di kota New York dan terus berkembang dengan pesat hingga keseluruh dunia. Hip hop pertama kali diperkenalkan oleh seorang Afro-Amerika, Grandmaster Flash dan The Furious Five. Awalnya musik Hip Hop hanya diisi dengan musik dari Disk Jockey dengan membuat fariasi dari putaran disk hingga menghasilkan bunyi-bunyi yang unik. "Rapping" kemudian hadir untuk mengisi vokal dari bunyi-bunyi tersebut. Sedangkan untuk koreografinya, musik tersebut kemudian diisi dengan tarian patah-patah yang dikenal dengan breakdance. Pada perkembangannya Hip Hop juga dianggap sebagai bagian dari seni dan untuk mengekspresikan seni visual muncullah Graffiti sebagai bagaian dari budaya Hip Hop.


Udah malem, mari kita sudahi kupas mengupasnyaa yaa...
Terima kasih sudah membaca kilasan ini :))

Rany Adelia Sally 1405110050


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar