Minggu, 02 Maret 2014

IMAGE BOARD era '70

Hei guys disini saya akan share tentang era 70an. Saya ga akan banyak basa basi deh langsung aja ya.

IMAGE BOARD 70's



1. FASHION

1970s fashion, yang dimulai dengan kelanjutan dari rok mini, bell bottoms dan androgynous hippie dilihat dari akhir 1960-an, segera ditandai oleh beberapa tren fashion yang berbeda yang telah meninggalkan gambar yang tak terhapuskan dari dekade yang diperingati dalam budaya populer. Termasuk sepatu platform yang muncul di kancah mode pada tahun 1971 dan umumnya memiliki sol setebal 2-4 inci. Baik pria maupun wanita memakainya. Celana jeans dan celana panjang yang menjadi mode andalan lain untuk pria dan wanita di hampir seluruh dekade, dan gaya ini telah diabadikan dalam 1977 Film Saturday Night Fever, yang dibintangi John Travolta. The "disco look", lengkap dengan setelan tiga potong untuk pria dan rayon atau gaun jersey untuk wanita, berlangsung secara bertahap sampai digantikan oleh gaya punk fashion dan celana lurus, cigarette-legged jeans. Sepatu platform memberi jalan untuk sepatu mules dan sepatu ankle-strapped, mengingat kembali pada tahun 1940-an.


2. MUSIK


Di Amerika Utara, Eropa, dan Oceania, dekade melihat munculnya disko, yang menjadi salah satu genre terbesar dekade ini, terutama di pertengahan ke akhir 1970-an. Di Eropa, varian yang dikenal sebagai Euro disco naik popularitasnya menjelang akhir tahun 1970-an. Selain disko, punk, smooth jazz, jazz fusion, dan soul tetap populer sepanjang dekade. Musik rock memainkan peran penting dalam kancah musik Barat , dengan punk rock berkembang sepanjang pertengahan hingga akhir 1970-an. Sub genre lain rock, terutama glam, hard rock, progressive, art rock, dan heavy metal mencapai berbagai keberhasilan. Genre lain seperti reggae yang inovatif sepanjang dekade dan pengikutnya berkembang secara signifikan. Hip hop muncul selama dekade ini, tetapi memulai dengan lambat dan tidak menjadi signifikan sampai akhir 1980-an. 


3. LIFESTYLE
Selama tahun 1970-an ada beberapa aspek yang membuat generasi ini unik. The Smiley face membuat orang merasa baik. Orang-orang belajar untuk Disco. Orang-orang mengenakan pakaian olahraga, hot pants dan sepatu platform dengan bellbottoms. Orang-orang mulai melihat diri mereka sendiri dan mencoba untuk fit dengan berjoging, mereka lebih suka pergi keluar daripada berada di rumah seharian. Arsitektur mulai berubah bangunan modern ke dalam bangunan postmodern.


4. POLITIK







Salah satu gerakan politik pada era 70an adalah Ideologi radikal feminisme di Amerika Serikat dikembangkan sebagai komponen gerakan pembebasan perempuan. Dalam kelompok-kelompok seperti New York Radical Women (1967-1969), (tidak ada hubungannya dengan Radical Women, sebuah organisasi feminis sosialis masa kini), yang ditandai Ellen Willis sebagai "yang pertama kelompok pembebasan perempuan di New York City", ideologi feminis radikal mulai muncul yang menyatakan bahwa "pribadi adalah politik" dan "persaudaraan sangat kuat", formulasi yang muncul dari sesi penggalangan kesadaran ini.


5. INVENTIONS



Ini merupakan beberapa penemuan dari sekian banyaknya, saya hanya mengambil 5 penemuan saja yg mungkin cukup banyak membuat perubahan untuk masa sekarang. beberapa diantaranya adalah :

1. Word Processor-Micropro Interrational-It processed words and Wordstar was invented.
2. Video Games-Made by Nolan Bushell-Games that could be played electronically on screens.
3. Stunt Kite-Made by Peter Powell-A kite that is highly maneuverable and is controlled with both hands. It is a sport kite.
4. Sony Walkman-Made by Sony-A transistor radio.
5. Apple Computer- Made by Steve Jobs-First computer with a GUI.

Kalo mau liat lengkapnya, bisa buka link ini http://1970stour.weebly.com/70s-inventions.html


6. ICON (Wonder Woman)

Pada awal 1970-an, dia diadopsi sebagai panutan oleh gerakan feminis dan muncul di sampul edisi perdana majalah Ms. Namun sedikit yang tahu bahwa Wonder Woman diciptakan sebagai panutan jelas feminis yang misinya adalah membawa cita-cita ideal Amazon yaitu cinta, perdamaian, dan kesetaraan seksual ke "dunia yang dirobek oleh kebencian manusia."







7. CULTURAL MOVEMENT

Banyak perubahan, peristiwa, dan sikap didefinisikan tahun 1970-an. Bahkan, budaya tahun 70-an itu - pada akhir dekade - jauh berbeda dibandingkan dengan dekade sebelumnya, ketika budaya hippie mendominasi, terutama di Amerika Serikat.
Salah satu perubahan yang membuat dampak besar pada budaya 70-an adalah pertumbuhan hak-hak perempuan. Seperti tahun 60an menjadi 70-an, wanita sedang membuat jalan mereka keluar dari dapur dan ke tempat kerja.


Sekian deskripsi singkat pada era 70an versi saya hoho, semoga membantu menambah ilmu kita-kita semua. thx :D

Fatimah A. (Faza) 1405112040

Tidak ada komentar:

Posting Komentar